[metaslider id="245"]

Efektifkan Pelaksanaan Tugas, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota Boleh Susun SOP

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kasypiah menyampaikan Bawaslu Provinsi maupun Kabupaten/Kota dapat membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) masing-masing divisi selama ada kesepakatan internal yang bertujuan memudahkan dan mengefektifkan pekerjaan.

Beliau menyebutkan, dalam pelaksanaan tugas sekretariat, saat ini Bawaslu masih mengacu pada Peraturan Bawaslu Nomor 2 Tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Bawaslu, Sekretariat Bawaslu Provinsi, Sekretariat Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten/Kota, dan Sekretariat Panwaslu Kecamatan.

“Sebenarnya sudah berganti menjadi Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2019, dimana Pengawas Pemilu Kabupaten disebutkan sebagai badan, namun penetapan aturan baru belum dilaksanakan secara keseluruhan.” jelas Beliau dalam sambutan Vocal Point Penyusunan SOP SDM, Pengawasan, Penanganan Pelanggaran, Sengketa dan Hukum Gelombang II untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, di Hotel Aria Barito, Banjarmasin, (17/10/2019).

SOP diharapkan dapat menciptakan pola komunikasi yang jelas antara komisioner dan sekretariat terkait pelaksanaan tugas. Selain itu, memberikan pedoman atau acuan yang jelas dalam pelaksanaan tugas, sehingga nantinya jika terjadi kesalahan administratif atau penyimpangan fungsi, SOP berperan sebagai dokumen yang memberikan penjelasan dan penilaian proses pelaksanaan tugas tersebut.

Erna menyampaikan Bawaslu Provinsi menerima masukan dan saran terkait SOP pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing divisi. “Penting bagi kita melihat detail narasi apa yang diinginkan kemudian membuat skema dan penjelasan skema tersebut.”

Acara ini dihadiri oleh 7 (tujuh) kabupaten terundang yaitu Ketua serta Anggota Bawaslu Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah, Hulu Sungai Utara, Balangan, Tabalong, Tanah Bumbu, dan Kotabaru.


Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.