[metaslider id="245"]

Penyebaran Hoax dan Netralitas ASN Jadi Catatan Penting Pemilu Tahun 2019

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Salah satu catatan Pemilu Tahun 2019 yaitu banyaknya berita hoax yang beredar di masyarakat, ujar Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan Erna Kasypiah dalam sambutan Rapat Kerja Teknis Persiapan Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020, di Hotel Aria Barito Banjarmasin, (18/10/2019).

“Kita perlu menyusun strategi untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam pengelolaan informasi yang beredar, setidaknya jika mendapatkan berita hoax berhenti di kita dan tidak menyebarkannya.” Beliau juga berpesan tetap fokus mengawasi netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi agenda pengawasan non-tahapan Pilkada Tahun 2020.

Acara ini menghadirkan Anggota Bawaslu RI masa jabatan 2012-2017 Daniel Zuchron, Pengamat Sosial Politik Ani Cahyadi, Pengamat Politik Lokal Taufik Arbain, dan Anggota serta Koordinator Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalsel sebagai narasumber.

Sementara itu, peserta terundang yaitu Ketua dan Anggota, Koordinator Sekretariat, Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) serta 2 (dua) Staf Divisi Pengawasan, Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Dalam materinya, Daniel menyebutkan Pemilu sebagai bentuk kedaulatan rakyat menjadikan Bawaslu berada pada posisi strategis, salah satunya dalam proses pencegahan. “Menjelang Pilkada Tahun 2020, Bawaslu Provinsi dan Kabupaten/Kota harus mengidentifikasi dan memetakan kerawanan agar memiliki informasi awal yang terstruktur.”

Sependapat dengan Daniel, Taufik menyampaikan Bawaslu perlu mengenali realitas politik yang ada di daerahnya masing-masing, seperti budaya maupun oligarki politik yang berkembang di wilayah tersebut.

Pilkada yang digelar pada 23 September 2020 ini akan serentak dilaksanakan di 270 daerah di Indonesia terdiri dari 9 Provinsi, 234 kabupaten, dan 37 kota, termasuk Provinsi Kalsel serta Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru, Balangan, Hulu Sungai Tengah, Kota Banjarbaru dan Banjarmasin.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.