[metaslider id="245"]

Cegah Penyebaran Covid-19, Bawaslu Kalsel dan Kabupaten/Kota Uji Coba Video Conference

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan bersama Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel melaksanakan uji coba video conference, Kamis, (19/03/2020).

Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Kalsel Teuku Dahsya Kusuma Putera berharap Bawaslu Kalsel dan Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel dapat mengoptimalkan fungsi pelaksanaan video conference sebagai pengganti pertemuan atau rapat langsung selama upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Dahsya juga menghimbau Bawaslu Kabupaten/Kota membatasi jumlah staf di kantor dengan memberlakukan sistem piket.

“Sesuai Surat Edaran Bawaslu RI, Bawaslu Kabupaten/Kota diintruksikan membuat jadwal piket masuk kantor sehingga staf yang tidak ada jadwal dihari tersebut dapat menjalankan tugasnya di rumah (work from home).”

Sementara itu, Kepala Bagian Pengawasan dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Kalsel H. Supriyanto Noor menyampaikan Bawaslu Kalsel masih menunggu kebijakan dari Bawaslu RI terkait teknis pengawasan tahapan verifikasi faktual di desa/kelurahan pada 26 Maret hingga 15 April mendatang.

“Kebijakan ini juga berkenaan dengan pencegahan penyebaran Covid-19 karena verifikasi faktual teknisnya bertemu langsung dengan banyak orang,” ujarnya.

Hingga saat ini, Bawaslu RI telah menyampaikan beberapa rekomendasi kepada KPU terkait dampak virus corona pada Pilkada serentak 2020 antara lain menyusun mekanisme teknis pelaksanaan tahapan pemilihan yang melibatkan kontak langsung dan perjumpaan fisik antarpenyelenggara pemilu dan masyarakat, membuat langkah antisipasi terhadap penyelenggaraan pemilihan yang terdampak dari situasi terkini dan kebijakan pemerintah serta pemerintah daerah, serta memberikan kepastian hukum kepada pengawas pemilihan, partai politik, dan bakal calon perseorangan terhadap pelaksanaan pemilihan dalam situasi bencana nasional yang ditetapkan pemerintah.

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.