[metaslider id="245"]

Bangun Nilai SIMP, Bawaslu Kotabaru Gelar Rakor Bersama Panwascam se-Kotabaru

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Mohamad Erfan mengatakan, dalam melaksanakan tugas pengawasan, Pengawas Pemilihan harus membangun nilai-nilai semangat Soliditas, Integritas, Mentalitas, dan Profesionalitas.

Disampaikan saat Rapat Koordinasi dengan Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Kotabaru, Selasa, (27/10/2020), Erfan berpesan agar Panwascam mengutamakan komunikasi untuk mencegah sebelum menindak. “Utamakan cegah, cegah, cegah, awasi, kemudian tindak,” ujarnya.

Bertempat di Hotel Grand Surya Kabupaten Kotabaru, Rakor ini bertujuan menghimpun masalah dan kendala yang dihadapi selama tahapan Pilkada 2020.

Hadir Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Kalsel Iwan Setiawan. “Tidak setiap kesempatan dapat kita raih, oleh sebab itu kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk benar-benar berkontribusi sebagai Pengawas Pemilihan,” kata Iwan.

Adapun kualitas dan skill Pengawas Pemilihan yang harus selalu ditingkatkan, jelasnya, yaitu komunikasi, pengelolaan emosi, pemahaman intrapersonal, kepemimpinan, kesadaran sosial, bekerjasama dengan efektif, efisiensi, perencanaan, kesadaran organisasi, integritas, inisiatif, kepercayaan diri, perhatian terhadap kejelasan tugas, kualitas dan ketelitian kerja, analisis, dan sintesis.

Mengenai Pembentukan Pengawas TPS, Iwan mengingatkan Panwascam agar memberikan bimbingan teknis terkait tugas pokok PTPS di lapangan.

Sementara itu, Kapolres Kabupaten Kotabaru Andi Adnan Syafruddin menegaskan, seluruh stakeholders harus selalu berkoordinasi dan berkolaborasi demi mewujudkan Pilkada yang bermartabat, menghasilkan pemimpin yang baik, dan memenuhi target jumlah pemilih yang ditetapkan KPU Kabupaten Kotabaru.

“Salah satu stakeholders penting demi mewujudkan mimpi masyarakat tersebut yaitu Panwascam,” jelasnya.

Selain mendapatkan materi melalui pertemuan langsung, Panwascam Kabupaten Kotabaru juga terhubung secara daring dengan Psikolog Rosnalisa yang menjelaskan tentang Sikap Dan Komunikasi Asertif , Berani Berkata Tidak.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.