[metaslider id="245"]

Hadiri Rakor, Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel Susun Strategi Pengawasan Partisipatif

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan partisipatif, Bawaslu Provinsi Kalsel melaksanakan Rapat Koordinasi Pengawasan Partisipatif pada Pilkada Tahun 2020.

Bertempat di Hotel Best Western, Kota Banjarmasin, Selasa-Kamis, 25-27 Agustus 2020, Rakor ini bertujuan menyusun langkah dan strategi pelibatan masyarakat agar turut mengawasi pelaksanaan tahapan Pilkada Tahun 2020 di Provinsi Kalsel.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kasypiah mengatakan, salah satu indikator prestasi keberhasilan Bawaslu saat ini berorientasi pada baiknya pelaksanaan fungsi pencegahan.

“Jika dulu kita lebih cenderung menilai banyaknya penindakan pelanggaran, sekarang prestasi Bawaslu juga diukur dari baiknya pencegahan,” ungkap Erna.

Oleh sebab itu, jelas Erna, partisipasi masyarakat menjadi poin penting guna memaksimalkan pelaksanaan fungsi pengawasan dan pencegahan. “Diharapkan banyak masyarakat yang sadar bahwa Pemilu bukan hanya tanggung jawab Penyelenggara, tapi seluruh elemen bangsa yang menyelenggarakannya.”

Erna menambahkan, banyaknya jumlah partisipasi publik akan memengaruhi keyakinan masyarakat untuk menerima dan mengakui hasil Pemilihan.

“Partisipasi akan mendorong legitimasi publik, kemudian mendorong Peserta Pemilihan tidak mengajukan keberatan ataupun pengaduan laporan penyelesaian sengketa.”

Rakor ini menghadirkan Akademisi Universitas Lambung Mangkurat Andi Tenri Sompa dan Rektor UIN Antasari Banjarmasin Prof. Dr. Mujiburrahman sebagai narasumber.

Hadir pula Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Mohamad Erfan, Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Kotabaru Fat Hurrahman beserta staf.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.