[metaslider id="245"]

Rapat Evaluasi Pencegahan, Pengawasan, Pengawasan Partisipatif, dan Hubungan Antar Lembaga Tahapan Pemilu 2024

Bali, Anggota Bawaslu Kabupaten Kotabaru Fat Hurrahman menghadiri Rapat Evaluasi Pencegahan, Pengawasan, Pengawasan Partisipatif, dan Hubungan Antar Lembaga Tahapan Pemilu 2024, bertempat di Four Point Sheraton Bali. 28-30 Desember 2022.

Rapat koordinasi ini merupakan bagian dari upaya Bawaslu untuk melakukan evaluasi, apa yang dicapai oleh divisi pencegahan, partisipasi masyarakat dan hubungan masyarakat, termasuk didalamnya evaluasi mengenai biro fasilitasi pengawasan pemilu. Selain itu, disampaikan juga hal-hal yang akan dilaksanakan pada program tahun 2023. Termasuk perihal alat-alat kerja pengawasan Bawaslu dapat tersampaikan secara jelas kepada Bawaslu Kabupaten/Kota. Pentingnya penguatan pada bagian biro pengawasan yang sekaligus sebagai PIC pengawasan tahapan DPT, Dapil, dan pencalonan perseorangan DPD.

Anggota Bawaslu Lolly Suhenty berpesan kepada jajaran Bawaslu daerah agar menjadikan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) sebagai mitigasi utama dalam melakukan pencegahan Pemilu 2024. Menurutnya, setelah IKP diluncurkan, agar para pengawas pemilu menjadi cermat dan tepat dalam melihat seluruh persoalan tahapan baik pemilu, maupun pemilihan. “Saat IKP diluncurkan maka saat itu juga mata kita melihat persoalan di seluruh tahapan pemilu atau pemilihan harus setajan mata elang.IKP jangan hanya dimanfaatkan stakeholder di luar Bawaslu, melainkan harus dimaksimalkan oleh Bawaslu itu sendiri dalam melakukan pencegahan.

Ketua Bawaslu Rahmat Bagja saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara menyatakan bahwa ke depan Pemilu 2024 adalah pemilu yang paling keras, saya harapkan evaluasi pencegahan harus dilakukan, ingat pencegahan dilahirkan dari pengawasan, “Semua memiliki tugas mengawasi, oleh sebab itu ajak teman-teman anda untuk melakukan pengawasan yang ada,”Jelasnya dalam sambutannya sekaligus membuka  jalannya rapat evaluasi.

Editor: Tim Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.