[metaslider id="245"]

Hasil IKP Pilkada 2020, Kabupaten Kotabaru Masuk Kategori Rawan Tinggi

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Bawaslu Kabupaten Kotabaru memaparkan langsung hasil Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020 dalam Rapat Koordinasi Persiapan Menghadapi Pilkada Kabupaten Kotabaru Tahun 2020.

Bertempat di Operation Room Kantor Bupati Kotabaru, acara ini dihadiri oleh Pemerintah Daerah, Polres, Kesbangpol, Kodim 1004, Kejaksaan Negeri, KPU serta stakeholders lainnya terkait penyelenggaraan pemilihan di Kabupaten Kotabaru.

“Kabupaten Kotabaru meraih empat poin rawan tinggi dalam IKP Pilkada Tahun 2020, yaitu pada konteks sosial, politik, infrastruktur, dan pandemi,” ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Mohamad Erfan, Kamis, (09/07/2020).

IKP yang diterbitkan pada 23 Juni lalu ini, sebut Erfan, merupakan upaya Bawaslu untuk melakukan pemetaan dan deteksi dini terhadap potensi kerawanan dan pelanggaran sebagai persiapan menghadapi Pilkada Tahun 2020.

“Nantinya, IKP ini akan diperbarui dan diterbitkan per tahapan,” lanjutnya.

Menindaklanjuti hasil IKP tersebut, Bawaslu Kabupaten Kotabaru telah merumuskan beberapa rekomendasi strategis diantaranya memastikan pengawasan melekat di daerah-daerah yang masuk kategori rawan, membuka posko pengaduan terkait dugaan pelanggaran verifikasi faktual di tingkat kecamatan hingga kelurahan/desa, serta mengimbau Penyelenggara, Calon Peserta, Pendukung, maupun Pemilih untuk menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama tahapan Pilkada Tahun 2020.

Erfan berharap, seluruh stakeholders dapat bersinergi demi terciptanya pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 yang aman, damai, dan demokratis.

Oleh sebab itu, ujarnya, koordinasi antara pemangku kepentingan menjadi salah satu kunci keterbukaan informasi terkait penyelenggaraan pemilihan dari tingkat kabupaten hingga kelurahan/desa.

Sementara itu, dalam pertemuan ini, KPU Kabupaten Kotabaru memaparkan progres pelaksanaan tahapan verifikasi faktual syarat dukung calon perseorangan.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.