[metaslider id="245"]

Bawaslu Kabupaten Kotabaru Gelar Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilu 2019

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Bawaslu Kabupaten Kotabaru menggelar Rapat Kerja Teknis Penyelesaian Sengketa Pemilihan Umum Tahun 2019, di Hotel Grand Surya Kotabaru, Jumat, (12/4/2019).

Hadir sebagai pembicara yaitu Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Bawaslu Provinsi Kalsel Ir. Iwan Setiawan, M.P serta Koordinator DIvisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kalsel Aries Mardiono.

Iwan berpesan agar Bawaslu sebagai lembaga pengawas Pemilu tetap menjaga soliditasnya. “Kalau kita solid maka tiap individu dalam sebuah lembaga akan menyesuaikan. Hubungannya dengan pengawasan, jika kita solid, maka kita akan saling bahu-membahu dalam menjalankan fungsi tersebut.”

Dalam hal penyelesaian sengketa Beliau menyampaikan, soliditas juga memengaruhi proses mediasi “Dalam mediasi sebisa mungkin kita menghasilkan “win-win solution.”

Sementara itu, Aries menyampaikan mediator memiliki peran dan tugas penting dalam proses mediasi, salah satunya mendorong tercapainya kesepakatan.

“Namun, jika dalam proses mediasi akhirnya tidak tercapai kesepakatan, maka akan dilaksanakan proses adjudikasi [jalur hukum atau pengadilan].”

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.