[metaslider id="245"]

Rayakan Hari Lahir Pancasila, Bawaslu Kabupaten Kotabaru Laksanakan Upacara

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Jadi Kabupaten Kotabaru yang ke-69 tahun, Bawaslu Kabupaten Kotabaru melaksanakan upacara di Halaman Kantor Bawaslu Kabupaten Kotabaru, Sabtu, (1/6/2019).

Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Mohamad Erfan, S.Ag., M.Hum mengatakan 1 Juni merupakan momen penting untuk merefleksikan diri. “Hari lahir Pancasila yang bertepatan dengan hari jadi Kabupaten Kotabaru dapat menjadi pengingat dua momen bersejarah dimana pejuang-pejuang sebelumnya bersatu untuk membangun tanah air kita.”

Dalam amanatnya, Beliau berterimakasih kepada seluruh jajaran pengawas dan stakeholders disetiap tingkatan yang telah bekerja keras mengawal Pesta Demokrasi. “Kemarin (31/5/2019) masa jabatan Panwaslu Kelurahan/Desa telah habis, sedangkan masa jabatan Panwaslu Kecamatan akan habis pada akhir Juni nanti.”

Sementara itu, usai proses penghitungan suara, Pemilu 2019 kini memasuki tahapan pengaduan di Mahkamah Konstitusi, namun untuk Kabupaten Kotabaru terindikasi tidak ada pengaduan.

Beliau juga mengingatkan jajaran pengawas untuk bersiap menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, karena Kabupaten Kotabaru termasuk dari 7 Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan yang akan melakukan Pilkada serentak. “Awal tahapan akan berlangsung di bulan Oktober, kemudian perekrutan penyelenggara pemilu di tingkat Kecamatan akan dimulai bulan Februari dan dilantik bulan Juni 2020.”

Beliau berharap, seluruh jajaran dapat bekerja lebih baik lagi karena saat Pilkada 2020, semua pihak akan mengawal dan megawasi kinerja penyelenggara Pemilu tingkat Kabupaten/Kota termasuk Bawaslu Kabupaten Kotabaru.

“Output dari setiap pemilihan umum adalah menghasilkan pemimpin yang amanah, jika pemimpin yang terpilih tidak amanah maka Bawaslu ikut bertanggung jawab.” pesan Beliau.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.