[metaslider id="245"]

Rapat Koordinasi, Mendagri Tekankan Kesiapan Penyelenggara Pemilihan Lanjutkan Tahapan Pilkada 2020

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Bawaslu Kabupaten Kotabaru menghadiri rapat koordinasi secara daring yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri RI terkait Persiapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, Jumat, (05/06/2020).

Dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, rakor ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopulhukam) Mahfud MD, KPU, Bawaslu, DKPP, Gubernur, Walikota dan Bupati se-Indonesia.

Selain mengingatkan kembali kesiapan Penyelenggara Pemilihan dalam melanjutkan tahapan Pilkada ditengah pandemi Covid-19, Tito juga meminta dukungan pemerintah daerah. “Pemerintah daerah diharapkan turut mendukung segala aktivitas agar Pilkada 2020 dapat berjalan lancar dan sukses.”

Mengenai anggaran, Tito mengimbau, KPU dan Bawaslu segera menyusun kembali Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD).

Sementara itu, Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan seluruh jajaran Bawaslu siap mengawal Pilkada 2020, namun saat ini masih menunggu regulasi yang jelas terkait tahapan yang akan dilaksanakan.

Abhan menuturkan, penerapan protokol kesehatan harus diperketat selama pelaksanaan dan pengawasan tahapan Pilkada 2020. “Syarat ini harus direalisasikan bersama-sama karena sangat urgen ditengah pandemi Covid-19.”

Tito menyebutkan, penerapan protokol kesehatan ini telah dilakukan negara lain saat pelaksanaan Pilkada 2020 ditengah pandemi Covid-19.

Korea selatan, misalnya, menerapkan protokol kesehatan yang ketat saat pelaksanaan pemilihan beberapa waktu lalu. Berawal dari pemeriksaan suhu badan di luar Tempat Pemungutan Suara (TPS), pengadaan sanitasi dan sarung tangan plastik gratis bagi pemilih, hingga pengaturan pemilih di dalam TPS.

“Hal tersebut dapat kita contoh dan semoga pemerintah daerah dapat sejalan dengan pemerintah pusat demi suksesnya Pilkada Tahun 2020,” ujar Tito.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.