[metaslider id="245"]

Kunjungi Kotabaru, Ketua Bawaslu RI Sampaikan Penyelenggara Pemilihan Harus Optimis

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Ketua Bawaslu RI Abhan mengatakan, meskipun Pilkada Tahun 2020 dilaksanakan ditengah pandemik Covid-19, Penyelenggara Pemilihan harus bersikap optimis dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Tentu banyak tantangan yang akan dihadapi karena Pilkada 2020 merupakan pemilihan yang pertama kali dilaksanakan ditengah pandemik,” ujarnya saat berkunjung ke Kantor Bawaslu Kabupaten Kotabaru, Jumat, (03/07/2020).

Oleh sebab itu, jelasnya, perlu koordinasi, kebersamaan, dan sinergitas yang solid antar-penyelenggara pemilihan selama melaksanakan tugas di lapangan. “Kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Tahun 2020 nantinya bisa saja dijadikan sebagai model percontohan.”

Hal serupa disampaikan Ketua KPU Provinsi Kalimantan Selatan Sarmudji yang hadir dalam pertemuan tersebut. “KPU dan Bawaslu perlu meningkatkan sinergi dan kerjasama agar dapat menghindari kesalahpahaman,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kalsel Erna Kasypiah mengingatkan Penyelenggara Pemilihan agar tetap menjalankan protokol kesehatan selama melaksanakan tugas. “Selain mengawasi, kita juga harus memastikan pencegahan penyebaran virus Covid-19.”

Kabupaten Kotabaru menjadi kabupaten/kota pertama yang dikunjungi Abhan semenjak pandemik Covid-19. Pasalnya, Kabupaten Kotabaru meraih empat poin tertinggi di Kalimantan Selatan dalam Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) Pilkada 2020 yang diterbitkan Bawaslu RI pada 23 Juni lalu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kotabaru Mohamad Erfan berharap, kunjungan ini dapat meningkatkan semangat dan sinergi Pengawas Pemilihan dengan stakeholders dan pemangku kepentingan dalam pelaksanaan tugas pengawasan tahapan Pilkada 2020.

Erfan mengatakan, pihaknya juga telah menyampaikan hasil pemutakhiran IKP Pilkada 2020 kepada Polres Kotabaru.

“Kami telah berkomunikasi dengan aparat hukum agar bersama-sama memberikan edukasi kepada masyarakat demi terciptanya Pilkada yang kondusif,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Abhan juga melakukan supervisi pengawasan tahapan verifikasi faktual dukungan bakal pasangan calon perseorangan oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Pengawas Pemilihan Kelurahan/Desa (PPKD) di Desa Berangas dan Teluk Masjid Kecamatan Pulau Laut Timur.

Hadir pula, Ketua dan Anggota Bawaslu Kalsel, Ketua dan Anggota KPU Kalsel, Ketua dan Anggota KPU Kotabaru, serta Ketua dan Anggota Bawaslu Kotabaru.

Rencananya, rombongan akan berkunjung ke Kabupaten Tanah Bumbu hingga Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Tengah di wilayah timur Kalsel.

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.