[metaslider id="245"]

Update IKP, Bawaslu Kotabaru Laksanakan Rakor Daring Bersama Panwascam

Kotabaru, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Dalam rangka update pemetaan kerawanan Pemilu pada IKP Pilkada 2020, Bawaslu Kabupaten Kotabaru melaksanakan rapat koordinasi bersama Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Kotabaru, Sabtu malam, (21/11/2020).

Dilakukan secara daring, rakor ini membahas validasi IKP sebagai upaya pemetaan komprehensif terkait potensi pelanggaran dan kerawanan dalam penyelenggaraan Pilkada ditengah pandemi Covid-19.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kotabaru Fat Hurrahman menyampaikan, perumusan IKP Jilid III ini berorientasi pada ketersediaan logistik di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pemetaan kerawanan di kecamatan masing-masing penting untuk mengantisipasi pelanggaran maupun kerawanan tersebut,” jelasnya.

Sehingga, lanjut Fathur, Bawaslu RI akan melibatkan Pengawas di tingkat kecamatan secara langsung dalam pengisian IKP Jilid III ini guna mengoptimalkan akurasi data.

Senada, Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kotabaru Rusdiansyah meminta dukungan Panwascam dalam pengisian IKP. “Diharapkan kawan-kawan di kecamatan membantu pengisian data IKP karena nantinya data-data ini akan dibandingkan dengan data IKP yang dimiliki oleh KPU.”

Adapun data pendukung pengisian IKP dapat berasal dari Formulir A Laporan Hasil Pengawas maupun melalui wawancara dengan stakeholders terkait.

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.