[metaslider id="245"]

Pasca Pemilu Tahun 2019, Bawaslu Provinsi Kalsel Lakukan Evaluasi Kinerja dan Kompetensi SDM

Banjarmasin, Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kotabaru – Pasca dilaksanakannya Pemilihan Umum (Pemilu) Anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan dan Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengawas Pemilu dan Sekretariat.

Diselenggarakan di Hotel NASA Banjarmasin, Rabu, (26/6), bimtek ini turut mengundang Ketua Panwaslu Kecamatan se-Kalsel untuk pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja dan kompetensi SDM yang tersedia pada Bawaslu Provinsi, Bawaslu Kabupaten/Kota dan pengawas pemilu ad hoc dalam melaksanakan tugas sebagai pengawas pemilu.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel Erna Kasypiah menjelaskan evaluasi dilakukan untuk menilai kesesuaian kegiatan yang dilaksanakan dengan perencanaan sebelumnya. “Hal yang dievaluasi dapat berupa penyelenggaraan pemilu, proses pengawasan yang dilakukan, hingga kinerja lembaga secara umum.”

Beliau menyebutkan pelaksanaan evaluasi juga berpengaruh terhadap pengambilan keputusan, sehingga kegiatan ini diharapkan dapat mengumpulkan informasi berupa saran dan masukan dari pengawas pemilu tingkat kabupaten maupun kecamatan se-Kalsel.

“Ada sekitar 15.645 lebih SDM Bawaslu di Provinsi Kalsel dari tingkat Provinsi hingga Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jika informasi dari SDM tersebut dikelola dengan baik, maka sangat berdampak pada pengambilan keputusan kedepan.” ujar Ibu Erna.

Beliau juga mengingatkan semua divisi di Bawaslu untuk bekerja tanpa membanding-bandingkan. “Setiap divisi memang memiliki peran yang berbeda, tapi fungsi kita sama yaitu membangun lembaga. Setiap peran sama penting, tidak ada peran yang lebih penting dibandingkan yang lain.”

 

 

Penulis / Foto : Biro Kehumasan Bawaslu Kabupaten Kotabaru

Leave a Reply

Your email address will not be published.